Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 11 November 2015

Apakah Anda Sudah Memakai Alat Pelindung Diri ???


Alat pelindung diri bagi pekerja adalah kelengkapan yang perlu digunakan ketika melakukan pekerjaan yang sesuai dengan bahaya, resiko dan untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri serta orang-orang di sekelilingnya. Kewajiban untuk memakai alat pelindung diri ini, sudah menjadi kesepakatan bersama dengan pemerintah melalui departemen tenaga kerja serta transmigrasi.

Undang-undang itu tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja serta Transmigrasi No. Per. 08/Men/VII/2010 perihal pelindung diri. Hingga wajib untuk tiap-tiap perusahaan untuk memberi APD pada karyawan untuk memperlancar sistem kerja serta keselamatan dalam perusahaan itu.

Beberapa macam Alat Pelindung Diri

Alat pelindung diri ibarat suatu tameng yang dapat memberi perlindunga pada badan atau anggota tubuh yang lain dari beragam bahaya kecelakaan yang mungkin saja mengancam. Sehingga harus digunakan pelindung sesuai dengan bahaya yang dapat mengenai. Adapun beragam jenis pelindung diri yaitu seperti berikut ini :

Safety Helmet Adalah suatu APD yang berperan membuat perlindungan kepala dari semua kemungkinan benda terjatuh serta mengenai kepala kita dengan cara langsung.

Sepatu karet atau sepatu boot atau safety shoes. Adalah suatu APD yang berperan untuk alat pengaman pada tempat yang berlumpur atau becek atau mencegah kecelakaan fatal yang menimpan kaki. Umumnya dari sepatu ini ada susunan khusus seperti metal membuat perlindungan kaki dari benda tajam atau berat, benda panas, cairan kimia dan sebagainya. Pada setiap bahaya yang kemungkinan terjadi disesuaikan dengan sepatu yang diapakai.
baca juga ; jual sepatu safety caterpillar

Sarung tangan Adalah alat pelindung diri yang berperan untuk mencegah dari beragam kemungkinan untuk tangan terluka atau cidera. Bahan serta bentuk sarung tangan sesuai dengan type pekerjaan yang ada.

Penutup telinga atau ear plug. Adalah alat pelindung diri yang berperan membuat perlindungan telinga dari nada bising yang muncul diarea kerja.

Kaca mata pengaman Adalah alat pelindung diri yang berperan untuk melindungi mata saat bekerja. Umumnya dipakai untuk mereka yang bekerja di tempat las atau casting.

Masker Adalah alat pelindung diri yang berperan untuk penyaring udara yang dihirup saat bekerja denga kwalitas udara yang jelek seperti berdebu, beracun atau berbau tajam.

Jas Hujan Berperan untuk melidungi diri dari percikan air hujan, biasanya dipakai untuk mereka yang umum kerja dilapangan seperti sopir forklift serta dapat pula dipakai untuk mereka yang bakal membersihkan satu alat dalam produksi.

Pemakaian Alat Pelindung Diri yang Benar

Hal yang juga penting untuk dilakukan adalah dengan menggunakan alat pelindung diri dengan benar. Banyak di antara pekerja yang terbiasa dengan APD yang tidak benar cara pakainya. Ini akibat dari menyepelekan keselamatan diri yang dapat mengancam kapan saja. Alat pelindung diri berfungsi untuk melindungi diri saat sebelum terjadi kecelakaan kerja yang fatal mengenai diri.

Disamping hal di atas, yang menjadikan mereka meremehkan untuk menggunakan alat pelindung diri yaitu terasa repot dengan APD yang ada. APD di rasa bakal bikin pekerjaan mereka terhalang atau tak lancar, hingga malas untuk memakai.

Pentingnya alat pelindung diri untuk karyawan adalah keharusan yang perlu dipakai oleh seluruhnya karyawan. Serta bukan sekedar dipekerjaan saja, alat pelindung diri dijalan raya juga sangatlah utama untuk dipakai seperti helm, sepatu serta jaket.

Sungguh sangat disayangkan banyak karyawan yg tidak memakai APD yang benar waktu berkendara. Masih banyak yang memakai sandal serta tak memakai jaket atau cuma memakai seragam kerja untuk pergi kegiatan.

Minimnya akan kesadaran terutama para pekerja di lingkungan kita.

 

Lihatlah foto di atas...... Minimnya kesadaran akan keselamatan diri, dapat memicu dan menambah semakin banyak nya kecelakaan kerja yang mengakibatkan sesuatu yang fatal. Hal ini di karenakan kurang nya kesadaran masyarakat akan penting nya keselamatan diri.

Nah,apakah ada sesuatu yang lebih berharga daripada keselamatan diri ... ????
Bagaimana dengan anda ...????

Jika anda belum merasa safety dalam bekerja,mari..,mulai dari sekarang budayakan safety, karena jika sesuatu menimpa diri anda,waktu tidak akan bida kembali,dan jangan biarkan penyesalan membawa dampak buruk kehidupan anda.
Artikel terkait : Cara merawat sepatu safety agar lebih awet 

NB : Jika diantara pembaca membutuhkan referensi tentang Pusat Jual Sepatu Safety Murah silahkan kunjungi http://saranggrosir.com/jual-sepatu-safety-murah/


Ditulis Oleh : Gabela Andaresta // 02.33
Kategori:

0 komentar: